Thursday, April 11, 2013

Socket-Socket Pada Motherboard




Pasti udah pada kenal kan sama komponen induk yang satu ini? kalo belom kenal, yaa kenalan dulu lah :D
Yaa bener, Motherboard !!



Pada postingan kali ini saya ingin membahas tentang socket-socket yang terdapat pada motherboard.
Gk usah banyak basa basi langsung aja ya.

Berikut Socket dan Slot yang ada pada Motherboard:


  1. - Socket Processor. Yaitu tempat yang dipergunakan untuk menyimpan atau menempatkan Processor. Selain system socket, ada system penempatan lain yang digunakan processor pentium jaman dulu yaitu system SLOT. Seperti penempatan pada processor P3 500 dan generasi sebelumnya, tetapi tidak semua processor P3 500 menggunakan processor bersistem letak slot. Untuk semua processor keluaran terbaru dan teranyar, mereka menggunakan sytem penempatan socket. Yang harus anda perhatikan dalam pemasangan processor adalah, kecocokan antara jumlah pin pada processor dan socket yang ada pada motherboard. Karena jika ada ketidak cocokan antara kedua komponen tersebut, akan berakibat fatal. Bisa bisa pin pada processor anda patah. Perhatikan tanda kuning emas disudut processor, harus disamakan dengan posisi socket di motherboard.

  2. - Socket Memory (socket RAM). Fungsi dari socket memory adalah untuk meletakkan memori atau RAM computer pada motherboard. Bentuk dari socket memory berbeda-beda, dapat disesuaikan dengan setiap jenis memory yang akan dipasang. Untuk RAM EDO menggunakan 72 pin, untuk SD RAM atau DIMM menggunakan 168 pin dan untuk DDR menggunakan 184 pin dan ada pula socket DDR2, DDR3 yang dipakai oleh motherboard jaman sekarang.
  3. - Socket Floppy. Socket ini berguna untuk menghubungkan motherboard dengan Floppy DiskDrive, yaitu tempat untuk memasukan disket.

  4. - Socket IDE. Socket IDE digunakan untuk konektor kabel penghubung antara motherboard dengan harddisk dan CD Drive.

  5. - Socket SATA. Sama seperti socket IDE, socket SATA digunakan untuk Hardisk, DVD-ROM, SSD, hanya saja dengan socket ini kita di beri kecepatan transfer yang lebih tinggi dibanding dengan socket IDE.

  6. - Slot AGP dan Slot PCI. Accelerated Graphics Port (AGP),slot AGP berguna untuk menyalurkan data dari grafis ke processor tanpa melalui memory utama. Hal ini dapat mempercepat proses pengelolaan data yang berbasis pada grafis.Kebanyakan motherboard saat ini menyertakan bus AGP 4X yang mampu bekerja pada frekuensi 266 MHZ dan bus 8X. Namun slot AGP merupakan slot khusus untuk VGA card, lain halnya dengan slot PCI dan ISA ( sudah jarang ditemukan di jaman ini), yang dapat digunakan untuk expansion card lainnya seperti TV turner, Sound card, dll.

  7. - Slot PCI-Express. Sama seperti slot AGP yang berfungsi sebagai penyalur data berupa gambar ke monitor, adalah slot ekspansi module, di desain untuk menggantikan AGP dan PCI bus yang lama. Banyak Motherboard mengadopsi PCI express dikarenakan PCI Express memiliki transfer data yang lebih cepat, terutama untuk keperluan grafis 3D. Slot ini memiliki kecepatan 1x, 2x, 4x, 8x, 16x and 32x, tidak seperti PCI biasa dengan sistem komunikasi paralel. PCI Express menggunakan sistem serial dan mampu berkomunikasi 2 kali (tulis/baca) dalam satu rute clock.

    Ini adalah kecepatan lebar data maximun dari PCI
    Kecepatan    Max
    PCI-ex 1x  |    250 MB/s
    PCI-ex 2x  |    500 MB/s
    PCI-ex 4x  |    1000 MB/s
    PCI-ex 8x  |    2000 MB/s
    PCI-ex 16x  |    4000 MB/s
    PCI-ex 32x  |    8000 MB/s

sumber:
http://texnologi.blogspot.com/2010/07/socket-dan-slot-pada-motherboard.html
http://id.wikipedia.org/wiki/PCI_Express

nb: dengan sedikit modifikasi.

1 comments:

Anonymous said...

Toilet mana, mana, dimana, dimana, DIJONGGOL..:)

Post a Comment