Wednesday, July 1, 2015

Wifi Broadcom Tidak Terdeteksi Di Debian 7 (Wheezy) [FIX]

Assalamu'alaikum,

Joko: How are you ??
Udin: Fine thank you, and you ??
Joko: Me ??
Udin: Yes you, assh***
Joko: Hey, what you say ??
Udin: WTF!!
**dan akhirnya pun mereka bertengkar sampai mati
Alagh apa sih gk jelas -_-

Oke ketemu lagi sama saya. Kali ini saya mau share sedikit ilmu yang ane dapet. Kebetulan ini bulan puasa tepatnya tanggal 1 Juli 2015, abis solat subuh tumben2an ane kgk ngantuk, yaudah iseng install Debian 7
(Wheezy) di laptop jadul ane yang bermerk Dell inspiron n4030, sekalian ane mau
belajar juga biar gk bodo2 amat jadi manusia, bial di sangka heikel makek linux :3 bhahahaha
Oke lanjut.
Proses instalasi berjalan lancar, walaupun lama di bagian partisi, soalnya ane rada aneh juga liat tampilannya rada beda dikit dari linux2 yang ane pernah instal, terus juga pas di configure network ada sedikit problem, yupp wifi laptop ane gk bisa di konfigurasiin otomatis dan ane sempet galau, tapi
lanjut aja dulu deh pikir ane, kali ajaa tuh pesen cuma mau ngeboongin ane kan :3
Untuk chipset wireless di laptop ane kebetulan broadcom.

Pas beres instalasi, masuk kan tuh ke desktop, dan bener aja, wifi ane gk kedetek.
Trus ane buka terminal, ketik perintah :

$su
#ifconfig

Dan adaptor wifi ane gk nongol :'(
Ywdh ane ketik lagi perintah :

$lspci

Dan ada bacaan yang ngeganjel di mata ane ampe bikin mata ane iritasi (halagh lebay), kira2 kurang lebih kaya gini pesenya :

[ 21.017992] brcmsmac bcma0:0: firmware: agent aborted loading brcm/bcm43xx-0.fw (not found?)

Hmm.... sudah kuduga (sambil ngikutin gaya meme).
Langsung aja ane buka mbah dan dapet 2 cara. Cara yang pertama yang rada ribet menurut ane sebagai pemula, bisa buka di sini

Lalu cara ke dua lebih simple and easy (so inggris, padahal makan sama sama nasi aking -_-)
1. Pertama download paketnya di http://packages.debian.org/jessie/all/firmware-brcm80211/download
Lalu install paketnya.

2. Kedua for good measure reconfigure the image, balik ke terminal, terus ketik perintah :

# dpkg-reconfigure linux-image-3.2.0-4-686-pea

**catetan: linux-image-3.2.0-4-686-pea sesuaikan dengan kernel masing2, cara ceknya ketik "dpkg --list | grep linux-image" di terminal, tanpa kutip.

3. Ketiga restart, atau ketik perintah :

#reboot

Beres dah.
Mudah2an bisa membantu yang lagi membutuhkan :shakehand2
Kurang lebihnya saya minta maaf, tapi yang jelas ini pengalaman pribadi saya sendiri yang baru aja terjadi dan ane berpikir langsung di dokumentasiin, siapa tau saban hari ane ngalamin hal serupa lagi dan lupa caranya bhahahaha

Sedikit kutipan kata-kata dari Ali bin Abi Thalib R.a, "Ilmu penghukum dan harta terhukum. Harta kurang jika di belanjakan, tapi ilmu bertambah jika di belanjakan."

Wassalamu'alaikum
 

0 comments:

Post a Comment